Aneka Industri

Industri Pupuk

Arah Pengembangan

Sebagai komoditi hasil perkebunan yang potensial di Kabupaten Siak, limbah perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Siak diarahkan pada produk olahan berupa pupuk.

Kondisi Eksisting

Kabupaten Siak memiliki potensi hasil perkebunan kelapa sawit yang sangat besar. Sampai dengan agustus tahun 2014, luas perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Siak berjumlah 210.989 hektar dengan produktifitas 2,5-3,8 ton/hektar/tahunnya. Sejauh ini pemanfaatan hasil perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Siak masih berupa pengolahan dalam bentuk CPO. Menurut data dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Siak, jumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi berjumlah 20 PKS yang tersebar di 7 kecamatan. Limbah sawit yang berlimpah di Kabupaten siak bisa menjadi bahan baku pupuk yang bernilai ekonomis tinggi.  Pemerintah Kabupaten Siak sudah menyiapkan lahan seluas 31,40 hektar di kawasan industri tanjung buton untuk pendirian pabrik pupuk.

Analisa Pasar

Kebutuhan akan pupuk terus menningkat seiring berkembangnya usaha perkebunan sawit di Kabupaten Siak. Disamping itu harga pupuk kimia yang tinggi membuka peluang bagi pengembangan pupuk alternatif dengan harga terjangkau. Kehadiran limbah kelapa sawit yang dapat diolah menjadi pupuk akan terus dibutuhkan oleh konsumen. Orientasi pasarnya selain di lokal Kabupaten Siak juga ke kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Riau. 

GAMBAR PROMOSI TOUR DE SIAK DAN EVENT PENTING LAINNYA