Pariwisata

Ekowisata Mempura   

Arah Pengembangan

Ekowisata Mempura diarahkan pada pengembangan potensi wisata yang ada didalamnya sehingga menjadi obek ekowisata yang menarik, mampu memenuhi kebutuhan wisatawan akan suasana wisata yang tidak hanya asri melainkan memiliki nilai wisata budaya yang tinggi dengan cara mengembangkan objek wisata mempura ini menjadi perkampungan wisata melayu yang menghadirkan pagelaran-pagelaran kesenian, pagelaran budaya dan adat-istiadat, menghadirkan aneka citarasa masakan dan makanan melayu serta menghadirkan paket napak tilas wisata sejarah yang terdapat disekitar ekowisata mempura  secara terus menerus setiap minggunya sehingga dapat dinikmati pengunjung setiap saat.

Kondisi Eksisting

Mempura adalah  perkampungan yang memiliki banyak objek wisata. Obyek wisata yang terdapat di daerah Mempura dan sekitarnya adalah kawasan Sei Mempura diantaranya Tangsi Belanda di desa Benteng Ulu, Kawasan agrowisata di desa Kampung Tengah, Kawasan agrowisata Sei Mempura, dan Wisata Sungai Mempura dan Sungai Siak. Kawasan Mempura yang dekat dengan kota Siak Sri Indrapura menjadikan letaknya dekat dengan objek wisata lain yaitu Jembatan Siak, Istana Siak, dan Balai Kerapatan Tinggi.

Dukungan Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengembangkan ekowisata mempura antara lain berupa melakukan pendataan terhadap kawasan yang ada di lokasi ekowisata Kecamatan Mempura, membangun museum di Benteng Belanda, melakukan pembangunan turap terhadap sungai Mempura, pembangunan pelebaran Jalan Kolam Hijau dan Makam Raja kecik dan pembangunan turap pasar lama.

Analisa Pasar

Keberadaan Kabupaten Siak sebagai kota sejarah dan kota wisata menjadikan Kabupaten Siak memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Kerajaan Siak yang gemilang pada masanya menyimpan banyak pelajaran dan makna sejarah yang diminati tidak hanya oleh wisatawan tetapi juga oleh para peneliti tidak hanya lokal tetapi nasional maupun internasional.  Hal ini menyebabkan frekuensi kunjungan wisatawan maupun peneliti ke Siak sangat tinggi. Jumlah pengunjung wisata di Kabupaten Siak pada tahun 2013 mencapai 45.976 orang. Jumlah yang cukup besar jika dibanding dengan kabupaten dan kota lain di Provinsi Riau. Terlebih selama beberapa tahun terakhir terdapat event Tour The Siak yang saat ini menjadi daya tarik potensial baru untuk menngundang  kedatangan tidak hanya wisatawan lokal melainkan juga  wisatawan nasional maupun internasional berkunjung ke Kabupaten Siak. Kehadiran Tour The Siak ini akan memberikan nilai ekonomis sendiri bagi para investor yang berniat berinvestasi di sektor pariwisata di Kabupaten Siak dimasa yang akan datang.

Danau Naga Sakti

Potensi Unggulan

Danau naga sakti memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi peluang wisata yang menarik minat investor. Hal ini dikarenakan danau naga sakti memiliki panorama alam yang indah serta cocok untuk wisata dan olah raga air seperti parasaling dan jet sky.

Kondisi Eksisting

Danau naga sakti terletak di Kecamatan Sungai Apit. Saat ini tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan danau naga sakti. Saat ini dukungan aksesabilitas menuju objek wisata masih belum baik. Jalan menuju daya tarik wisata sudah beraspal.  Namun sejauh ini jumlah pengunjung ke objek wisata ini masih minim. Pemerintah Kabupaten Siak melalui dinas terkait bisa mendorong potensi objek wisata ini menjadi peluang investasi dimasa yang akan datang dengan terlebih dahulu melakukan pengelolaan melalui pembangunan infrastruktur dasar yang baik dan promosi bagi objek wisata ini sehingga ditahun-tahun mendatang objek wisata ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dengan demikian maka objek wisata ini akan memiliki nilai investasi.

Kolam Hijau

Potensi Unggulan

Kolam hijau bisa menjadi objek wisata yang menarik minat investor di tahun-tahun mendatang karena kolam Hijau memiliki nilai sejarah karena dibangun pada jaman kerajaan dan nilai keunikan yang tinggi karena airnya berwarna hijau.

Kondisi Eksisting

Kondisi objek wisata ini belum dikelola secara maksimal. Frekuensi wisatawan yang datang ke objek wisata ini masih sangat kecil. Pemerintah Kabupaten Siak melalui dinas terkait bisa mendorong potensi objek wisata ini menjadi peluang investasi dimasa yang akan datang dengan terlebih dahulu melakukan pengelolaan melalui pembangunan infrastruktur dasar yang baik dan promosi bagi objek wisata ini sehingga ditahun-tahun mendatang objek wisata ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dengan demikian maka objek wisata ini akan memiliki nilai investasi.

Danau KM 51 Koto Gasib

Potensi Unggulan

Danau KM 51 Koto Gasib bisa menjadi objek wisata yang menarik minat investor di tahun-tahun mendatang karena Danau ini memiliki panorama dan posisi strategis terutama sebagai objek wisata yang mudah diakses oleh penduduk dari pusat Kabupaten Siak maupun dari kecamatan-kecamatan sekitarnya yakni oleh penduduk Kec. Mempura, Dayun, Koto Gasib dan lain sebagainya.

Kondisi Eksisting

Tidak Jauh berbeda dengan objek wisata lainnya yang masih merupakan potensi. Kondisi objek wisata ini belum dikelola secara maksimal. Frekuensi wisatawan yang datang ke objek wisata ini masih sangat kecil. Pemerintah Kabupaten Siak melalui dinas terkait bisa mendorong potensi objek wisata ini menjadi peluang investasi dimasa yang akan datang dengan terlebih dahulu melakukan pengelolaan melalui pembangunan infrastruktur dasar yang baik dan promosi bagi objek wisata ini sehingga ditahun-tahun mendatang objek wisata ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dengan demikian maka objek wisata ini akan memiliki nilai investasi.

GAMBAR PROMOSI TOUR DE SIAK DAN EVENT PENTING LAINNYA