Peta Wilayah

Secara fisik geografis Kabupaten Siak memiliki kawasan pesisir pantai yang berhampiran dengan sejumlah negara tetangga dan masuk ke dalam daerah segitiga pertumbuhan (growth triangle) Indonesia - Malaysia - Singapura.

Kabupaten Siak memliki batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara dengan Kabupaten Bengkalis
  2. Sebelah Selatan dengan Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Kota Pekanbaru
  3. Sebelah Timur dengan Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan
  4. Sebelah Barat dengan Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar dan Kota Pekanbaru

Kabupaten Siak sebagian besar terdiri dari dataran rendah di bagian timur dan sebagian dataran tinggi di sebelah barat. Pada umumnya struktur tanah terdiri dari tanah podsolik merah kuning dari batuan, dan alluvial serta tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah.

Daerah ini beriklim tropis dengan suhu udara berkisar antara 250 - 320 Celsius. Selain dikenal dengan Sungai Siak yang membelah wilayah Kabupaten Siak, daerah ini juga terdapat banyak tasik atau danau yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan. Tasik atau danau ini yang apabila dikembangkan dengan serius akan menjadi suatu objek wisata yang menarik. Akhir tahun 2007 wilayah Kabupaten Siak telah dimekarkan dari 13 Kecamatan menjadi 14 Kecamatan

Berikut ini tersedia peta kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Siak:

  1. Siak Sri Indrapura
  2. Sungai Apit
  3. Minas
  4. Tualang
  5. Sungai Mandau
  6. Dayun
  7. Kerinci Kanan
  8. Bunga Raya
  9. Koto Gasib
  10. Kandis
  11. Lubuk Dalam
  12. Sabak Auh
  13. Mempura
  14. Pusako

Kabupaten Siak mempunyai luas 8.556,09 km2. Kecamatan dengan wilayah terluas adalah Kecamatan Sungai Mandau dengan luas 1.705 km2, atau memiliki luas 19,93% dari total luas wilayah Kabupaten Siak. Kecamatan terluas kedua adalah Kecamatan Kandis dengan luas wilayah 1.493,65 km2 atau memiliki luas 17,46% dari total luas wilayah Kabupaten Siak. Sedangkan kecamatan terluas ketiga adalah Kecamatan Sungai Apit dengan luas wilayah 1.345,33 km2 atau memiliki luas 15,74% dari total luas wilayah Kabupaten Siak.

GAMBAR PROMOSI TOUR DE SIAK DAN EVENT PENTING LAINNYA